Bahan Bakar Minyak / BBM

Diubah pada Thu, 24 Nov 2022 pada 10:05 AM

    Penggunaan bahan bakar setiap mobil harus disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan dari mobil tersebut, faktor utama yang perlu diperhatikan ketika memilih jenis bahan bakar yang akan diguanakan adalah rasio kompresi. Rasio kompresi merupakan perbandingan volume silinder ketika piston berada dibawah dengan volume silinder ketika piston berada diatas, semakin tinggi nilai kompresinya maka semakin banyak juga campuran bahan bakar dan udara yang terkompresi. 

    Rasio kompresi merupakan faktor utama sebuah mesin dalam menentukan Research Octan Number (RON), semakin tinggi rasio kompresi sebuah mesin maka membutuhkan bahan bakar dengan RON yang tinggi.

    Semakin tinggi nilai octan bahan bakar maka semakin susah bahan bakar tersebut untuk terbakar dan membutuhkan kompresi yang tinggi juga. Sebagai contoh jika sebuah mesin yang memiliki rasio kompresi yang tinggi menggunakan BBM dengan octan yang rendah maka bahan bakar di dalam silinder tersebut akan terbakar sebelum piston berada pada posisi tertingi (pre-combustion)

sehingga akan menimbukan knocking / mesin mengelitik, hal tersebut mengakibatkan tenaga yang dihasilkan mesin menjadi tidak optimal.


Berikut ini beberapa rekomendasi bahan bakar kendaraan sesuai dengan kompresi mesinnya :


Rasio kompresiJenis Octane Number (RON)Jenis BBM
7-9:190
Pertalite
9-10:192Pertamax, Shell Super, Total 92
10-11:1
95V-Power, Total 95
11-12:198Pertamax Turbo
>13:1102Pertamax Racing


Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut