Bahan Bakar

Diubah pada Thu, 24 Nov 2022 pada 10:05 AM

  Bahan bakar adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energi. Biasanya bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran di mana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara.

    Bahan bakar yang umum digunakan pada kendaraan khususnya mobil adalah bahan bakar mesin bensin (Gasoline), bahan bakar mesin diesel dan bahan bakar gas.



1. Bahan Bakar Mesin Bensin (Gasoline)

    Bahan bakar bensin merupakan jenis bahan bakar yang paling banyak digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, terutama kendaraan kecil dan sedang. Bensin paling banyak dipilih sebagai bahan bakar karena bensin merupakan bakan bakar yang paling mudah terbakar dan hasil sisa pembakarannya tidak terlalu meninggalkan emisi buruk bagi lingkungan.

    Kelebihan dari bahan bakar bensin dibandingkkan dengan jenis BBM lain adalah pada mesin yang menggunakan BBM ini adalah mesin dapat bekerja dengan putaran atau RPM yang sangat tinggi dikarenakan pada mesin bensin hanya menggunakan rasio kompresi 9/10:1 sehingga langkah piston tidak terlalu berat untuk bekerja, namun pada mesin dengan BBM bensin torsi yang dihasilkan tidak sebesar dengan mesin berbahan bakar solar.


2. Bahan Bakar Mesin Diesel 

    Bahan bakar mesin diesel pada umumnya digunakan pada kendaraan yang membutuhkan torsi yang besar dan tidak mengutamakan kecepatan, hal ini karena bakan bakar mesin diesel memerlukan kompresi yang tinggi (15:1) untuk dapat dibakar dan kemudian menghasilkan tenaga.

    Pembakaran pada mesin diesel merupakan pembakara yang terjadi secara otomatis karena menggunakan kompresi yang tinggi sehingga, beban langkah piston menjadi semakin berat yang menyebabkan pada mesin diesel tidak dapat menggunakan putaran mesin yang tinggi.


3. Bahan Bakar Gas / BBG

    Bahan bakar gas merupakan bahan bakar kendaraan yang masih jarang digunakan pada kendaraan umum, saat ini bahan bakar gas hanya dipakai di beberapa angkutan umum di jakarta seperti transjakarta dan bajaj. Alasan utama belum digunakannya BBG dikendaraan umum adalah faktor keamanan ketika proses pengisian pada kendaraan.

Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut