Komponen Rem Angin / Udara

Diubah pada Sun, 09 Oct 2022 pada 10:23 PM

    Rem angin atau udara terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing memiliki tugas dan fungsinya tersendiri yang memungkinkan sistem rem ini dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan. Rem udara ini biasanya hanya sebagai pelengkap bada sistem rem tromol yang digunakan pada kendaraan angkutan berat sebagai penambah daya pengereman.


Berikut ini beberapa komponen yang terdapat pada sistem rem angin atau udara:


1. Kompresor

    Kompresor pada sistem rem udara berfungsi untuk menyuplai tekanan udara dari luar untuk kemudian disimpan kedalam air tank, sehingga air tank ini menyediakan udara bertekanan yang digunakan sebagai media pemindahan tenaga pengereman dari pengemudi ke sistem rem.


2. Air Tank

    Air tank pada sistem rem udara berfungsi untuk menampung udara yang dipompa oleh kompresor, sehingga udara bertekanan yang dibutuhkan untuk kebutuhan rem udara dapat dipertahankan tekanannya. 


3. Brake Chamber

    Brake chamber adalah komponen yang berfungsi merubah tekanan udara menjadi tekanan mekanis, kondisi brake chamber ini sangat mempengaruhi tingkat pengereman pada sistem rem udara.


4. Brake Valve

    Brake valve pada sistem rem udara terdiri dari bebrapa pegas dan katup yang berfungsi sebagai pintu bagi aliran udara bertekanan dari air tank ke brake chamber, brake valve juga di lengkapi dengan rellay valve agar dapat mengaktifkan sistem pengereman dengan cepat.


5. Brake Lining / Kanvas Rem

    Brake lining atau kanvas rem yang terdapat pada sistestem pengereman udara berfungsi sebagai media yang digesekkan ke bagian tromol rem.

   

6. Air Hose

    Air hose atau selang udara pada sistem pengereman udara berfungsi sebagai saluran untuk mengalirkan udara bertekanan pada seluruh sistem rem yang digunakan.

Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut